Monday, January 12, 2009

Menkeu: Inflasi Januari Turun Minimal 0,53%

Anwar Khumaini - detikFinance

Jakarta - Inflasi bulan Januari diharapkan turun minimal 0,53% sebagai dampak dari penurunan harga BBM yang berlaku per 15 Januari 2009. Penurunan inflasi bisa lebih banyak jika harga barang dan jasa lainnya ikut turun.

Demikian disampaikan Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/1/2009).

"Dengan penurunan harga BBM ini, maka diharapkan penurunan inflasi bulan Januari ini sebesar 0,53%. Itu dari penurunan harga BBM saja. Tentu dari komoidtas lain, pemerintah juga mengharapkan ada penurunan," katanya.

Sebelumnya BPS mencatat terjadinya deflasi pada Desember 2008 sebesar 0,04%. Sementara inflasi sepanjang 2008 adalah 11,06%.

Seperti diketahui, pemerintah juga mengusahakan penurunan tarif angkutan, harga daging sapi dan tarif listrik untuk industri.

"Dengan demikian diharapkan Januari dan Februari inflasi bisa mengalami penurunan yang signifikan," katanya.

Minyak Goreng


Selain itu pemerintah juga akan menyediakan minyak goreng curah untuk masyarakat menengah ke bawah dengan harga yang lebih murah Rp 1.000 per liter. Minyak curah ini dinamakan Minyakita.

"Untuk minyak curah, harganya Rp 7.000 per liter yang biasanya dipakai masyarakat menengah ke bawah, Rp 1.000 lebih murah. Namanya Minyakita," katanya.

No comments:

Post a Comment